Photobucket Photobucket
SEKILAS INFO : bagi para semeton yang memiliki artikel dan layak untuk diketahui oleh kita semua khususnya tentang kebhujanggaan mohon kiranya dapat di kirim lewat e-mail ke : ngurah7wirawan@yahoo.co.id untuk diposting pada blog ini. suksma.

Kamis, 20 Mei 2010

NIYASA CAKRA ASTA BHUANA

Niyasa CAKRA  ASTHA BHUWANA adalah Niyasa atau Lambang pesemetonan Maha Warga Bhujangga Waisnawa.


Arti Niyasa atau Lambang  tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :





SEGI LIMA BERWARNA DASAR HITAM.

SEGI LIMA : Lambang Bumi atau Alam Nyata/ Bhur Loka, amongan Sang Bhujangga, yang dengan Panca Bajra (BajraUter, Bajra-Padma, Bajra Orag, Bajra-Ketipluk dan Bajra- Sungu). WARNA DASAR HITAM : Lambang Hyang Wisnu. ARTINYA : Bhujangga berwatak laksana Bumi, yaitu penetral, dapat menerima pendapat orang lain, damai, tenang dan teguh pada kebenaran, karena meyakini, menjunjung tinggi dan bhakti kepada Hyang Wisnu ( waisnawa ).

CAKRA  BERWARNA  KUNING  EMAS.

CAKRA : Lambang senjata Sri Kresna yang ampuh. WARNA KUNING EMAS : Lambang Kesucian, kebenaran, kesederhanaan.ARTINYA : Dengan kesederhanaan, kesucian, kebenaran Kresna, awatara Tuhan, membimbing manusia untuk kembali ke Jalan Tuhan mencapai Moksa.


LINGKARAN BESAR DAN LINGKARAN KECIL BERWARNA PUTIH DAN MERAH.

LINGKARAN BESAR PUTIH : Lambang Bhuwana Agung, alam semesta.LINGKARAN KECIL MERAH : Lambang Bhuwana Alit ( manusia ) .ARTINYA : Dengan keberanian dan tekad suci Maha Warga Bhujangga Waisnawa menunju keseimbangan Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit ( antara jasmani dan rohani ).

PADMA ASTA DALA DI ATAS AIR.
BUNGA TUNJUNG : Lambang Stana Ida Hyang Widhi Wasa ( berdaun delapan, berwarna hijau). AIR BERWARNA BIRU : Lambang kesamaan dan ketenangan. ARTINYA : Maha Warga Bhujangga Waisnawa berpandangan bahwa Manusia sama dihadapan Tuhan ( manusa pada ), dalam kehidupan ini setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama, dengan ketenangan meningkatkan jati diri agar dapat menyatu dengan Tuhan ( Moksa ).


SWASTIKA BERWARNA KUNING EMAS
SWASTIKA : Lambang perputaran abadi ( alam semesta ). WARNA KUNING EMAS : Lambang kesucian, kebenaran, kesederhanaan. ARTINYA : Dinamika perkembangan Agama Hindu ( Waisnawa ) sesuai Desa Kala Patra dengan tetap mencerminkan kesederhanaan, kesucian dan kebenaran sejati.

Doc. Pesraman Teledu Nginyah Jembrana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar